Rancang Bangun Alat Pemilah Barang Berdasarkan Warna Dan Berat

Authors

  • Muhamad Maulana Yusuf Program Studi Teknik Elektro FTI Universitas Jayabaya
  • Mardiono Mardiono Program Studi Teknik Elektro FTI Universitas Jayabaya
  • Sri Wiji Lestari Program Studi Teknik Elektro FTI Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31479/jtek.v6i2.30

Abstract

Penyortiran barang jamak dilakukan di industri. Penyortiran barang dapat dilakukan dengan mengelompokkan warna dan berat barang. Beberapa penyortiran barang pada industri masih dilakukan dengan secara manual menggunakan tenaga manusia, namun kecepatan dan keakuratannya tidak handal untuk industri, maka diperlukan otomatisasi dengan alat. Penelitian ini merancang alat yang dapat melakukan penyortiran barang berdasarkan warna dan berat. Alat penyortir warna menggunakan sensor TCS3200, untuk penyortir berat menggunakan sensor loadcell, dan monitoring alat pemilah ini menggunakan LabVIEW. Langkah yang dilakukan adalah pembuatan program pengaturan sensor ultrasonik untuk membaca ada tidaknya benda pada konveyor, pemrograman dan algoritma pada Arduino dan LabVIEW, pembuatan program sensor TCS3200 sebagai inputan untuk motor servo, dan pembuatan program loadcell.

References

W. Euis, H. Witarsa, M. Verdian, and D. Yuniarti, “Prototipe Penyortir Barang Berdasarkan Warna , Bentuk Dan Tinggi Berbasis Programmable Logic Controller ( Plc ) Dengan Penggerak Sistem Pneumatic”, Mikrotiga, Vol 1 No. 2, 8 - 13. 2014.

Ike Sari 1, M., Handayani, R., Siregar S., dan Isnu, B., “Pemilah Benda Berdasarkan Warna Menggunakan Sensor Warna TCS3200”, TELKA, Vol.4, No.2, November 2018.

Rukmana, I., Cipta, A. dan Abdul, R., “Aplikasi Sensor Loadcell pada Purwarupa Sistem Sortir Barang”, IJEIS, Vol 4, No 1, 2014.

Wahyudi W., Rahman A., dan Nawawi, M., “ Perbandingan Nilai Ukur Sensor Loadcell pada Alat Penyortir Buah Otomatis terhadap Timbangan Manual”, ELKOMIKA, Vol. 5, No. 2, 2017.

Kadir, Abdul, “Arduino Dan Sensor, Tuntunan Praktis Mempelajari Penggunaan Sensor Untuk Aneka Proyek Elektronika Berbasis Arduino+cd”, Andi Publisher, Jogyakarta, 2018.

Setiawan, I., “Buku Ajar Sensor dan Tranduser”, FT Undip, Semarang, 2009.

Lutfi, Muchtar, “Pengoperasian Motor Servo”, Kemendikbud, Jakarta, 2017.

Downloads

Published

2019-07-15