Perancangan Prototype Sistem Pengendali Otomatis Pada Greenhouse Untuk Tanaman Cabai Berbasis Arduino Dan Internet Of Things (IoT)

Authors

  • Ahmad Minariyanto
  • Mardiono Mardiono
  • Sri Wiji Lestari Program Studi Teknik Elektro FTI Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31479/jtek.v7i2.50

Abstract

Cabai merupakan komoditi sayur yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang sehingga tidak mengherankan bila volume peredaran dipasaran dalam skala besar, namun faktor cuaca merupakan penyebab utama gagal panen. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut diperlukan alat pengendalian kondisi lingkungan secara otomatis. Solusi yang dapat dilakukan adalah membuat perancangan alat otomatis greenhouse untuk mempermudah dalam merawat tanaman. Penelitian ini, merancang, membuat dan mengimplementasikan greenhouse untuk tanaman cabai. Alat ini mengunakan sensor yang mengirim perintah kepada Arduino secara otomatis menggunakan IoT dan difungsikan menggunakan handphone. Penelitian sebelumnya sistem monitoring berbasis web dan GSM, sedangkan penelitian ini terkontrol otomatis menggunakan Internet of Things (IoT). Alat penelitian ini menggunakan sensor DHT11 mendeteksi suhu dan menjaga kelembaban tanah dengan nilai kelembaban 30% sampai 70%, sensor MQ135 sebagai pendeteksi kualitas udara ruangan, sensor ultrasonic mendeteksi level air dan menjaga level air pada ketinggian 5 - 25 cm pada penampungan air, sensor rain berfungsi sebagai pendeteksi hujan dan sensor LDR berfungsi sebagai mengukur intensitas cahaya. Data dari sensor ke handphone, motor servo dan relay 4 channel, digunakan untuk menghidupkan pompa air, dan lampu sebagai penerangan ruangan dan LCD. Hasil penelitian ini berupa prototype greenhouse yang terkontrol secara otomatis menggunakan Internet of Things (IoT) dan dapat berfungsi dengan baik.

References

F. Aviana, I. Mohammad and S. N. Sultan, "Prototipe Sistem Otomatis Berbasis Iot untuk Penyiraman dan Pemupukan Tanaman dalam Pot", JURNAL PERTANIAN PRESISI, vol. Vol 2, no. 1, p. 66, 2018.

P. Deddy, Y. Amelia and A. W. Pratama, "Rancang Bangun Alat Pengontrol Penyiram Tanaman Otomatis Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah Di Area Pertanian," Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. Vol . 2, no. No. 3, p. 807 – 812, 2018.

W. Sintia, D. Hamdani and E. Risdianto, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara Berbasis GSM SIM900A DAN ARDUINO UNO," Jurnal Kumparan Fisika, vol. Volume 1, no. Nomor 2, p. 60, 2018.

S. Muhammad, T. Dedi and Suhardi, "IMPLEMENTASI WIRELESS SENSOR NETWORK PADA SISTEM PEMANTAUAN DAN PENGONTROLAN BUDIDAYA TANAMAN PADA RUMAH KACA (GREEN HOUSE) BE," Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, vol. Volume 06, no. No.1, pp. hal. 24-34, 2018.

I. Parinduri, H. F. Siregar dan Iskandar, Pengontrolan Suhu Kelembaban Kumbung Jamur Tiram Putih, Jakarta: Green Press, 2017.

M. Aozon, Mengenal Arduino lebih Rinci, Surabaya: Aksara, 2013.

A. Kadir, Arduino Dan Sensor, Tuntunan Praktis Mempelajari Penggunaan Sensor Untuk Aneka Proyek Elektronika Berbasis Arduino, Yogyakarta: Andi Publisher, 2018.

M. H. Rashid, Power Electronic Circuit, Devices, and Applications, Second Edition, Prentice-Hall International, Inc, 2018.

Sensirion, Data Sheet SEN0114SOIL Sensor, The Sensor Company, 2017.

Downloads

Published

2020-05-28