Rancang Bangun Sistem Monitoring Pertumbuhan Tanaman Cabai Menggunakan Arduino Bertenaga Surya Terintegrasi Internet of Things (IoT)

Authors

  • Syafrima Wahyu Teknik Fisika, Univesitas Binawan, Jakarta
  • Mohamad Syafaat
  • Agnes Yuliana

DOI:

https://doi.org/10.31479/jtek.v1i8.63

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem monitoring untuk mengamati pertumbuhan tanaman cabai yang terintegrasi Internet of Things (IoT) dengan sumber daya listrik berasal dari panel surya. Variable penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman adalah kelembaban tanah dan suhu lingkungan serta waktu dan lama penyiraman yang tepat. Pengukuran suhu dan kelembaban lingkungan dilakukan dengan menggunakan sensor DHT11. Sedangkan untuk pengukuran kelembaban tanah menggunakan sensor YL-69. Hasil pengukuran dari kedua sensor tersebut kemudian akan di tampilkan pada LCD (Liquid Crystal Display) dan dapat di akses melalui aplikasiberbasis android. Hasil pengujian alat monitoring suhu dan kelembaban tanah pada tanaman cabai menunjukkan hasil pengukuran dengan akurasi yang baik. Sistem monitoting pertumbuhan tanaman  cabai yang dibuat dilengkapi dengan LCD yang menampilakn hasil pengukuran terhadap variable yang diamati.

References

T. Herwanto, S. Nurjanah, M. Saukat and S. Hafidz, "Analisis Energi Pada Proses Pengolahan Teh Hitam Ortodoks (Studi Kasus PT. Perkebunan Nusantara VIII Kebun Gedeh, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat)," Jurnal Teknotan, vol. 12, no. 1, pp. 65-72, 2018.

A. N. A. Syah, T. Nuryawati and W. S. Litananda, "Pengembangan Smart Greenhouse Untuk Budidaya Hortikultura," in Prosiding Seminar Nasional PERTETA 2018, Yogyakarta, 2018.

G. Hapsoh, A. I. Amri and A. Diansyah, "Respons Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Keriting (Capsicum annuum L.) terhadap Aplikasi Pupuk Kompos dan Pupuk Anorganik di Polibag," J. Hort. Indonesia, vol. 8, no. 3, pp. 203-208, 2017.

C. Suherman, M. A. Soleh, A. Nuraini and A. N. Fatimah, "Pertumbuhan dan hasil tanaman cabai (CapsicumSp.) yang diberi pupuk hayati pada pertanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) TBM I.," Jurnal Kultivasi, vol. 17, no. 2, pp. 648-655, 2018.

Zulfitri, "Analisis varietas dan polybag terhadap pertumbuhan serta hasil cabai (Capsicum annuum L.) system hidroponik," Buletin Penelitian, vol. 8, 2005.

Matzir, "Pemanfaatan energi surya untuk mencukupi kebutuhan air untuk irigasi di provinsi Sumatra Barat," Jurnal Teknik Sipil ITP, vol. 4, no. 1, pp. 34-41, 2017.

A. I. Ramadhan and E. d. S. h. M. Diniardi, "Analisis Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 50 WP," TEKNIK, vol. 37, no. 2, pp. 59-63, 2016.

A. Naomi, J. Pertiwi, P. A. Permatasari and S. N. Dini, "Keefektifan Spektrum Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau (Vigna Radiata)," Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, vol. 4, no. 2, pp. 93-102, 2018.

Z. R. Saputra, "Perancangan Smart Home Berbasis Arduino," Jurnal Sigmata Vol 4, vol. 4, no. 1, pp. 44-51, 2015.

G. S. Santyadiputra, I. M. Putrama and I. G. P. Sindu, "Pelatihan Internet Of Things (IOT) Untuk Pelajar Tingkat SMK Di Kecamatan Buleleng," in Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), Denpasar, 2017.

A. M. Samsurizal and Christiono, "Analisis Pengaruh Kemiringan Terhadap Arus Keluaran Pada Photovoltaic Dengan Menggunakan Regretion Muadratic Method," Jurnal Energi & Kelistrikan, vol. 10, no. 2, pp. 137-144, 2018.

Downloads

Published

2020-12-04