Analisis Efisiensi Boiler Berbahan Bakar Gas di PT XYZ Menggunakan Metode Langsung dan Tidak Langsung

Authors

  • Galih Prasetyo Aji Gumelar Chemical Engineering Jayabaya University
  • Mubarokah Nuriaini Dewi Chemical Engineering Jayabaya University
  • Ahmad Miftah Chemical Engineering Jayabaya University
  • Wahyu Endranaka Chemical Engineering Jayabaya University
  • Bentar Al Faridzal Eka S. P Chemical Engineering Jayabaya University

Abstract

Ketel uap (boiler) merupakan alat untuk menghasilkan uap, yang terdiri atas dua bagian penting yaitu bagian dapur pemanasan untuk menghasilkan panas yang didapat dari pembakaran bahan bakar dan bagian boiler proper untuk mengubah air menjadi uap. Jenis boiler yang digunakan di PT. XYZ adalah boiler berbahan bakar gas yang difungsikan sebagai pemanas dalam proses produksi. Performa boiler sangat penting diperhatikan, guna kelancaran proses produksi dan untuk mendapatkan kualitas hasil produksi yang maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis berkala guna memastikan kelayakan dari boiler. Salah satu parameter yang digunakan untuk menganalisis performa boiler adalah dengan menghitung nilai efisiensinya. Menganalisis efisiensi boiler dengan menggunakan metode pengumpulan data meliputi studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan meliputi pengamatan langsung terhadap proses kerja boiler di PT. XYZ dan studi pustaka dilakukan dengan penelitian pustakaan yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Dari pengamatan dan perhitungan didapatkan nilai efisiensi boilersebesar 73,78% dengan metode langsung, dan 73,37% dengan metode tidak langsung. Penurunan nilai efisiensi boiler dikarenakan adanya kerak pada pipa-pipa sehingga menghambat proses perpindahan panas. Akan tetapi nilai efisiensi boiler bahan bakar gas tersebut lebih efisien dibandingkan dengan boiler berbahan bakar solar yang mempunyai nilai efisiensi sebesar 65,23%.

References

Z. Chen, P. M. Singh, and Y. Do Choi, “Francis turbine blade design on the basis of port area and loss analysis,” Energies, vol. 9, no. 3, 2016, doi: 10.3390/en9030164.

M. Sohaib and J. M. Kim, “Data driven leakage detection and classification of a boiler tube,” Appl. Sci., vol. 9, no. 12, pp. 1–12, 2019, doi: 10.3390/app9122450.

M. I. Syahputera, D. M. Kamal, and A. Ekayuliana, “Analisis Pengaruh Nilai Kalori Batubara terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Produksi Listrik,” Semin. Nas. Tek. Mesin, pp. 474–483, 2018, [Online]. Available: http://semnas.mesin.pnj.ac.id/prosiding/2018_pdf/A054.pdf.

A. A. Kharisma and A. Budiman, “Perhitungan Efisiensi (Efficiency) Mesin Boiler Jenis Fire-Tube Menggunakan Metode Direct dan Indirect untuk Produk Butiran-Butiran Pelet,” UG J., vol. 14, pp. 23–31, 2020.

Y. Pravitasari, M. B. Malino, and N. Mara, “Analisis Efisiensi Boiler Menggunakan Metode Langsung,” Prism. Fis., vol. V, no. 01, pp. 9–12, 2017.

United Nation Environmental Program (UNEP). “Boiler and Thermic Fluid Heater”. Energy Efficiency Guide for Industry in Asia

British Standard, BS 845:1987

USA Standard ASME PTC-4-1 Power Test Code Steam Generating Units.

Downloads

Published

2022-08-05