Analisis Perhitungan Energi Pengereman Regeneratif Kereta MRT Berdasarkan Mode Operasi Otomatis Kereta MRT Jakarta
Abstract
PT MRT Jakarta adalah penyedia transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) yang beroperasi secara semi otomatis atau bisa dikatakan masuk dalam tingkatan otomasi GoA (Grade of Automation) level 2 menurut International Association of Public Transport (UITP) di Ibu Kota Negara ini. Kereta PT MRT Jakarta atau yang disebut Ratangga, memiliki 2 mode sistem saat beroperasi scara semi otomatis yakni Normal mode dan Rainy mode. Dimana Rainy mode digunakan saat kereta beroperasi saat hujan turun atau rel dalam kondisi basah. Karena ada 2 mode operasi otomatis ini maka terdapat juga perbedaan pada energi pengereman regeneratif yang dibangkitkan oleh motor penggerak kereta. Dengan adanya analisa mengenai energi pengereman regeneratif kereta MRT berdasarkan mode opearsi otomatis Kereta MRT Jakarta, dapat diketahui besar energi pengereman regeneratif yang dibangkitkan adalah sekitar 2340,3 kWh pada stasiun-stasiun layang pada kondisi normal dan 1935,8 kWh pada kondisi hujan.References
JMEC, DGR-MoT-RI. “Engineering Consulting Services for Jakarta Mass Rapid
Transit System Project,”. Jakarta: Ditjen Perkeretaapian. 2010.
P. C. SEN. Principles of Electric Machines and Power Electronics, vol. 53, no. 9.
K. Muralidhar et al., Fundamentals of Electrical Drives
H. H. Sasmita, A. Nugroho, and T. Sukmadi. Optimasi Penggunaan Sistem
Pengereman Regeneratif Dan Pneumatic Pada Kereta Rel Listrik Jabodetabek
Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization (Pso). 2018
M. Thong and A. Cheong. “Energy Efficiency in Singapore’s Rapid Transit
System,” Journeys, no. May, pp. 38–47. 2012
E. Emplacement, R. Dc, T. Power, and U. Rail, “Railway Research,” vol. 1, pp.
– 22. 2014
K. (Dayton T. B. Cummings. “Feasibility Study of On-Car Regenerative Braking
System (RBS) for Electric Rail Applications,”, pp. 1–52. January 2013
Tsuyoshi Nakamura. “MRTJ CP108 Project Maintenance Manual Chapter 5
PROPULSION SYSTEM. Jakarta: Author. 2018.
Tsuyoshi Nakamura. MRTJ CP108 Project Operation Manual Operation Manual,
vol. 2018. Jakarta: Author. 2018.
PT MRT Jakarta. Engineering design and tender assistances consulting services for
phase II section of jakarta MRT system north-south 57 line project. Jakarta: Author.
Zulkifli Khoirun Zimam. Pemanfaatan Energi Pengereman Regeneratif Motor
Induksi 3-Fasa 126 kW 74Hz MRT Jakarta. Jakarta: Author. 2020.
Jakarta MRT Construction Management Consultants. Resubmission of technical
design report for technical specification of auxiliary power supply construction of
jakarta MRT project contract package of rolling stock section. (No. 108). Jakarta:
Sumitomo Corporation. 2019.
Pradipta Bintang Perdana. Analisa Penggunaan Regeneratif Brake Pada Mobil
Multiguna Pedesaan Bertenaga Listrik. Surabaya: Author. 2013