Studi Numerik Pengaruh Multiple Helical Fin Terhadap Efektivitas Fin Dari Modul Low Pressure (LP) Economizer
Abstract
Economizer pada PLTGU merupakan alat yang menerapkan prinsip dari alat penukar kalor (heat exchanger. Dengan menggunakan economizer dalam proses pemanasan PLTU atau PLTGU diperkirakan dapat mengurangi pemakaian bahan bakar sebesar 1% setiap kali meningkatnya temperatur pengisi sebesar 5°C. Penambahan fin pada economizer merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perpindahan panas pada economizer. Dengan peningkatan perpindahan panas maka nilai efisisiensi pada HRSG akan meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multiple helical fin terhadap efektivitas fin. Dengan variasi fin pitch atau jarak antar centerline dari fin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan melakukan simulasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa geometri awal dengan menggunakan serreted fin mempunyai temperatur keluar vapor yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan multiple helical fin. Hal ini disebabkan besarnya luas permukaan dasar pada sirip. Sedangkan penggunaan multiple helical fin mempunyai efek yang besar terhadap nilai permukaan temperatur fin yang mampu menerima panas dari sisi flue gas yang jauh lebih besar dengan temperatur rata-rata maksimal 404,72 K dengan menggunakan variasi fin pitch 0,09 m. Penggunaan multiple helical fin dengan variasi fin pitch 0,09 m memberikan nilai efektivitas yang lebih besar dibandingkan dengan geometri awal, yaitu 1,692 sedangkan efektivitas geometri awal sebesar 1,664. Selain itu dengan memperkecil nilai fin pitch dari multiple helical fin perubahan temperatur sepanjang pipa, distribusi temperatur permukaan fin dan efektivitas akan semakin meningkatReferences
Sukatnak, Rian. (2013).Analisis Unjuk Kerja HRSG Blok 1 Pada PLTGU Muara Tawar, Jakarta: STT-PLN.
Putri Jati,Aisyah., (2017). Analisis Pengaruh Fin Pitch Terhadap Efisiensi Thermal High Pressure Economizer Heat Recovery Steam Generator PLTGU Pt. Pjb Up Gresik. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
K.Shah, R., & P.Sekulic, D. (2003). Fundamentals Of Heat Exchanger Design. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Awwaluddin, Muhammad. (2007). Analisis Perpindahan Kalor Pada Heat Exchanger Pipa Ganda Dengan Sirip Berbentuk Delta Wing. Semarang: Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
Vinayak R.Tayade.(2015). Structural Analysis Of Truck Chassis Using Finite Element Method. International Journal Of Engineering Science Research Technology.
Yazicuoglu, B. & Yuncu, H. (2009). A Correlation for Optimum Fin Spacing of Vertically- Based Regular Fin Arrays Subjected to Natural Convection Heat Transfer.
Guvenc & Yuncu. (2001). An Experimental Investigation on Performance of Fins on a Horizontal Base in Free Convection Heat Transfer
Maakoul, A. E. (2017). Numerical Investigation Of Thermohydarulic Performance Of Air To Water. Maroko.
Wais, P. (2012). Fin-Tube Heat Exchanger Optimization
Micheli, Leonardo. (2015). General Correlations Among Geometry, Orientation And Thermal Performance Of Natural Convective Micro-Finned Heat Sinks. Elsevier, 711-724
Serth, R. W. (2007).Process Heat Transfer Principles And Applications.Texas: Elsevier Ltd.