Analisa Performance Motor Bensin Silinder 1 Menggunakan CDI Standar dan CDI Racing Dengan Bahan Bakar Pertamax Turbo

Authors

  • Aji Digdoyo Program Studi Teknik Mesin S-1 Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya, Jalan Raya Bogor Km 28,8, Cimanggis, Jakarta Timur
  • Djamhir Djamruddin Program Studi Teknik Mesin S-1 Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya, Jalan Raya Bogor Km 28,8, Cimanggis, Jakarta Timur
  • Rudy Yulianto Program Studi Teknik Mesin S-1 Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya, Jalan Raya Bogor Km 28,8, Cimanggis, Jakarta Timur
  • Tri Surawan Program Studi Teknik Mesin S-1 Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya, Jalan Raya Bogor Km 28,8, Cimanggis, Jakarta Timur
  • Muhammad Budianto Program Studi Teknik Mesin S-1 Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya, Jalan Raya Bogor Km 28,8, Cimanggis, Jakarta Timur

Abstract

Sepeda motor produksi saat ini kebanyakan sistem pengapiannya menggunakan sistem pengapian CDI limiter. Kelemahan yang ditimbulkan CDI limiter tersebut kurang disukai oleh para konsumen yang suka akan kecepatan tinggi, khususnya anak muda yang suka dengan dunia olahraga balap motor seperti: road race, drag race, moto GP dan lain-lain. Untuk mengatasi kelemahan dari CDI limiter (standar) ini dan untuk memperoleh performa mesin yang lebih optimal, saat ini banyak pabrikan CDI yang menawarkan CDI unlimiter (BRT Powermax, Dualband, imex)/CDI racing sebagai pengganti CDI limiter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemakaian CDI Standar dan CDI racing tipe hyperband dengan bahan bakar pertamax turbo terhadap daya dan torsi spesifik pada sepeda motor SATRIA FU 150 CC KARBURATOR. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan eksperimen melalui pengujian putaran 6500 sampai 10000, RPM dengan range 500 RPM.Dari hasil penelitian diperoleh daya dan torsi pada putaran 7500 rpm, untuk motor CDI racing 13 HP, motor CDI standar 12,3 HP, sedangkan torsi yang dihasilkan untuk motor CDI racing 12,29 NM dan motor CDI standar 11,62 Nm.

References

Adnyana, I, 2009.Peningkatan unjuk kerja mesin dengan menggunakan pengapian elektronis pada kendaraan bermotor.Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CakraM, 3/1: 91

AndiBRT.(n.d)BukuPanduan.Online.http://www.bintangracingteam.com/brt/uploads/fil es/te ntan g_cdi/cdi_hand_book.pdf

Antok Mashudi, Pengaruh modifikasi CDI DC terhadap tegangan Induksi Koil pada kendaraan bermotor.

Arends dan Berenschot, 1980.Motor Bensin.Erlangga. Jakarta.

Arijanto dan Saputra, T.F. 2015.Pengujian Bahan Bakar Gas pada Mesin Sepeda Motor Karburator Ditinjau dari Aspek Torsi dan Daya.Jurnal Teknik Mesin, 17/2: 109.

Boentarto.1993. Cara Pemeriksaan, Penyetelan, & Perawatan Sepeda Motor.

Kiyaku, Y. dan Murdhana, D.M. 1994. Teknik Praktis Merawat Sepeda Motor. C.V Pustaka Setia: Bandung.

Kristanto, P. 2015. Motor Bakar Torak.Andi Offset: Yogyakarta.

PERTAMINA, “Kenali Jenis BBM yang Sesuai Untuk Kendaraan Anda,08 2020, 16:30. https://pertamina.com/id/fuel-retail

Raharjo, W. D. dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Sigit, G. 2012. Pengaruh Variasi CDI dan Putaran Mesin Terhadap Daya Mesin pada Sepeda Motor Suzuki Satria F150 cc Tahun 2008 Online.http://dglib.uns.ac.id/dokumen/detail/30391/Pengaruh-Variasi-Cdi- Dan- Putaran-Mesin-Terhadap-Daya-Mesin-Pada-Sepeda-Motor-Suzuki- Satria-F-150-Cc- Tahun-2008

Siswanto, I. dan Efendi, Y. 2015.Peningkatan Performa Sepeda Motor dengan variasi CDI Programmable.Jurnal Science Tech, 1/1: 2.

Soenarta, N. dan Furuhama, S. 2002. Motor Serba Guna.PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :

Suratman, M. 2002. Servis dan Teknik Reparasi Sepeda Motor. CV Pustaka Grafika: Bandung.

Suyanto, Wardan. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta :Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Toyota. New Step 1 Training Manual. Jakarta: Toyota Astra Motor Toyota.

New Step 2 Training Manual. Jakarta: Toyota Astra Motor

Wiratno, T. et al. 2012. Perhitungan Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin Yamaha Ls 100 CC. Jurnal Traksi, 12/2:59.

Downloads

Published

2023-08-05