Model AHP Dan PTV VISSIM Untuk Menentukan Desain Simpang Yang Optimal

Authors

  • Widiyo Subiantoro Student Of Civil Enginering Doctoral Program, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia
  • Pratikso Pratikso Lecturer Of Enginering Faculty, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia
  • Rachmad Mudiyono Lecturer Of Enginering Faculty, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia

Abstract

Model AHP (Analytical Hierarchy Process) dan perangkat lunak PTV VISSIM digunakan dalam menentukan desain simpang yang optimal. Untuk pengambil keputusan atas dasar kriteria penilaian yang sebelumnya telah ditentukan menggunakan metode AHP didukung penggunaan perangkat lunak Expert Choice serta Perangkat lunak PTV VISSIM dalam pemodelan dan mensimulasikan lalu lintas di simpang. Tinjauan literatur mencakup tentang AHP dan PTV VISSIM, serta langkah-langkah metodologi yang terlibat dalam penerapan model AHP dan integrasi dengan PTV VISSIM. Analisa metode ini dibandingkan dengan desain simpang yang sebelumnya. Hasil penelitian model AHP sangat membantu menentukan kriteria penting dan pembobotannya. PTV VISSIM juga digunakan untuk menvalidasi desain simpang dari hasil simulasi lalullintas dan pendekatannya dapat membantu para perencana dan ahli transportasi untuk pemilihan desain simpang secara optimal dalam aspek effisiensi, keamanan, dan kenyamanan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penerapan Model AHP dan PTV VISSIM menjadikan pendekatan optimal desain simpang, dengan integrasi hasil yang akurat serta dipercaya. Memberikan konstribusi yang bermanfaat khususnya pada perencanaan simpang perkotaan yang padat lalulintasnya, meningkatkan efektivitas serta system transportasi yang berkelanjutan.

References

J. Internasional et al., “EVALUATION OF TRAFFIC FLOW AND TRAFFIC NETWORK

MANAGEMENT SYSTEM IN JORDAN,” vol. 4, no. 2, pp. 1–21, 2016.

B. Pan, Z. Xie, S. Liu, Y. Shao, and J. Cai, “Evaluating Designs of a Three-Lane Exit Ramp

Based on the Entropy Method,” IEEE Access, vol. 9, pp. 53436–53451, 2021, doi:

1109/ACCESS.2021.3070465.

T. L. Saaty, “How to make a decision: The analytic hierarchy process,” Eur. J. Oper. Res., vol.

, no. 1, pp. 9–26, 1990, doi: 10.1016/0377-2217(90)90057-I.

H. Pratiwi, “Metode Analytical Hierarchy Process,” Res. Gate, no. May, pp. 1–33, 2020.

R. I. Handayani, “Pemanfaatan Aplikasi Expert Choice Sebagai Alat Bantu Dalam

Pengambilan Keputusan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 11, no. 1, pp. 53–59, 2015.

Y. Chen, J. Yu, and S. Khan, “The spatial framework for weight sensitivity analysis in AHPbased multi-criteria decision making,” Environ. Model. Softw., vol. 48, pp. 129–140, 2013,

doi: 10.1016/j.envsoft.2013.06.010.

V. Podvezko, H. Sivilevicius, and A. Podviezko, “Scientific applications of the AHP method

in transport problems,” Arch. Transp., vol. 29, no. 1, pp. 47–54, 2014, doi:

5604/08669546.1146966.

N. Yusuf and D. S. Sudrajat, “the Impact of Road Gradient and Truck Composition on the Toll

Road Traffic Performance,” Plan. Malaysia, vol. 16, no. 1, pp. 88–95, 2018, doi:

21837/PM.V16I5.413.

Pebriyetti, S. Widodo, and Akhmadali, “Penggunaan Software Vissim Untuk Analisa Simpang

Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi Karya

Pontianak, Kalimantan Barat),” J. Mhs. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura, vol. 5, no. 3, pp. 1–14,

D. Hormansyah, V. Sugiarto, and eka larasati amalia, “Penggunaan Vissim Model pada Jalur

Lalu Lintas Empat Ruas,” J. Teknol. Inf., vol. 7, pp. 57–67, 2020.

M. Z. Irawan and N. H. Putri, “Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas

Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta),” J. Penelit.

Transp. Multimoda, vol. 13, no. 3, pp. 97–106, 2015.

N. Wu and S. Giuliani, “Capacity and Delay Estimation at Signalized Intersections under

Unsaturated Flow Condition Based on Cycle Overflow Probability,” Transp. Res. Procedia,

vol. 15, pp. 63–74, 2016, doi: 10.1016/j.trpro.2016.06.006.

T. Bergh, K. Nordqvist, P. Strömgren, F. Davidsson, K. L. Bång, and A. Carlsson, “Capacity [1] J. Internasional et al., “EVALUATION OF TRAFFIC FLOW AND TRAFFIC NETWORK

MANAGEMENT SYSTEM IN JORDAN,” vol. 4, no. 2, pp. 1–21, 2016.

B. Pan, Z. Xie, S. Liu, Y. Shao, and J. Cai, “Evaluating Designs of a Three-Lane Exit Ramp

Based on the Entropy Method,” IEEE Access, vol. 9, pp. 53436–53451, 2021, doi:

1109/ACCESS.2021.3070465.

T. L. Saaty, “How to make a decision: The analytic hierarchy process,” Eur. J. Oper. Res., vol.

, no. 1, pp. 9–26, 1990, doi: 10.1016/0377-2217(90)90057-I.

H. Pratiwi, “Metode Analytical Hierarchy Process,” Res. Gate, no. May, pp. 1–33, 2020.

R. I. Handayani, “Pemanfaatan Aplikasi Expert Choice Sebagai Alat Bantu Dalam

Pengambilan Keputusan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 11, no. 1, pp. 53–59, 2015.

Y. Chen, J. Yu, and S. Khan, “The spatial framework for weight sensitivity analysis in AHPbased multi-criteria decision making,” Environ. Model. Softw., vol. 48, pp. 129–140, 2013,

doi: 10.1016/j.envsoft.2013.06.010.

V. Podvezko, H. Sivilevicius, and A. Podviezko, “Scientific applications of the AHP method

in transport problems,” Arch. Transp., vol. 29, no. 1, pp. 47–54, 2014, doi:

5604/08669546.1146966.

N. Yusuf and D. S. Sudrajat, “the Impact of Road Gradient and Truck Composition on the Toll

Road Traffic Performance,” Plan. Malaysia, vol. 16, no. 1, pp. 88–95, 2018, doi:

21837/PM.V16I5.413.

Pebriyetti, S. Widodo, and Akhmadali, “Penggunaan Software Vissim Untuk Analisa Simpang

Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi Karya

Pontianak, Kalimantan Barat),” J. Mhs. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura, vol. 5, no. 3, pp. 1–14,

D. Hormansyah, V. Sugiarto, and eka larasati amalia, “Penggunaan Vissim Model pada Jalur

Lalu Lintas Empat Ruas,” J. Teknol. Inf., vol. 7, pp. 57–67, 2020.

M. Z. Irawan and N. H. Putri, “Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas

Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta),” J. Penelit.

Transp. Multimoda, vol. 13, no. 3, pp. 97–106, 2015.

N. Wu and S. Giuliani, “Capacity and Delay Estimation at Signalized Intersections under

Unsaturated Flow Condition Based on Cycle Overflow Probability,” Transp. Res. Procedia,

vol. 15, pp. 63–74, 2016, doi: 10.1016/j.trpro.2016.06.006.

T. Bergh, K. Nordqvist, P. Strömgren, F. Davidsson, K. L. Bång, and A. Carlsson, “Capacity

Downloads

Published

2023-08-05