Model AHP Dan PTV VISSIM Untuk Menentukan Desain Simpang Yang Optimal
Abstract
Model AHP (Analytical Hierarchy Process) dan perangkat lunak PTV VISSIM digunakan dalam menentukan desain simpang yang optimal. Untuk pengambil keputusan atas dasar kriteria penilaian yang sebelumnya telah ditentukan menggunakan metode AHP didukung penggunaan perangkat lunak Expert Choice serta Perangkat lunak PTV VISSIM dalam pemodelan dan mensimulasikan lalu lintas di simpang. Tinjauan literatur mencakup tentang AHP dan PTV VISSIM, serta langkah-langkah metodologi yang terlibat dalam penerapan model AHP dan integrasi dengan PTV VISSIM. Analisa metode ini dibandingkan dengan desain simpang yang sebelumnya. Hasil penelitian model AHP sangat membantu menentukan kriteria penting dan pembobotannya. PTV VISSIM juga digunakan untuk menvalidasi desain simpang dari hasil simulasi lalullintas dan pendekatannya dapat membantu para perencana dan ahli transportasi untuk pemilihan desain simpang secara optimal dalam aspek effisiensi, keamanan, dan kenyamanan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penerapan Model AHP dan PTV VISSIM menjadikan pendekatan optimal desain simpang, dengan integrasi hasil yang akurat serta dipercaya. Memberikan konstribusi yang bermanfaat khususnya pada perencanaan simpang perkotaan yang padat lalulintasnya, meningkatkan efektivitas serta system transportasi yang berkelanjutan.References
J. Internasional et al., “EVALUATION OF TRAFFIC FLOW AND TRAFFIC NETWORK
MANAGEMENT SYSTEM IN JORDAN,” vol. 4, no. 2, pp. 1–21, 2016.
B. Pan, Z. Xie, S. Liu, Y. Shao, and J. Cai, “Evaluating Designs of a Three-Lane Exit Ramp
Based on the Entropy Method,” IEEE Access, vol. 9, pp. 53436–53451, 2021, doi:
1109/ACCESS.2021.3070465.
T. L. Saaty, “How to make a decision: The analytic hierarchy process,” Eur. J. Oper. Res., vol.
, no. 1, pp. 9–26, 1990, doi: 10.1016/0377-2217(90)90057-I.
H. Pratiwi, “Metode Analytical Hierarchy Process,” Res. Gate, no. May, pp. 1–33, 2020.
R. I. Handayani, “Pemanfaatan Aplikasi Expert Choice Sebagai Alat Bantu Dalam
Pengambilan Keputusan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 11, no. 1, pp. 53–59, 2015.
Y. Chen, J. Yu, and S. Khan, “The spatial framework for weight sensitivity analysis in AHPbased multi-criteria decision making,” Environ. Model. Softw., vol. 48, pp. 129–140, 2013,
doi: 10.1016/j.envsoft.2013.06.010.
V. Podvezko, H. Sivilevicius, and A. Podviezko, “Scientific applications of the AHP method
in transport problems,” Arch. Transp., vol. 29, no. 1, pp. 47–54, 2014, doi:
5604/08669546.1146966.
N. Yusuf and D. S. Sudrajat, “the Impact of Road Gradient and Truck Composition on the Toll
Road Traffic Performance,” Plan. Malaysia, vol. 16, no. 1, pp. 88–95, 2018, doi:
21837/PM.V16I5.413.
Pebriyetti, S. Widodo, and Akhmadali, “Penggunaan Software Vissim Untuk Analisa Simpang
Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi Karya
Pontianak, Kalimantan Barat),” J. Mhs. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura, vol. 5, no. 3, pp. 1–14,
D. Hormansyah, V. Sugiarto, and eka larasati amalia, “Penggunaan Vissim Model pada Jalur
Lalu Lintas Empat Ruas,” J. Teknol. Inf., vol. 7, pp. 57–67, 2020.
M. Z. Irawan and N. H. Putri, “Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas
Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta),” J. Penelit.
Transp. Multimoda, vol. 13, no. 3, pp. 97–106, 2015.
N. Wu and S. Giuliani, “Capacity and Delay Estimation at Signalized Intersections under
Unsaturated Flow Condition Based on Cycle Overflow Probability,” Transp. Res. Procedia,
vol. 15, pp. 63–74, 2016, doi: 10.1016/j.trpro.2016.06.006.
T. Bergh, K. Nordqvist, P. Strömgren, F. Davidsson, K. L. Bång, and A. Carlsson, “Capacity [1] J. Internasional et al., “EVALUATION OF TRAFFIC FLOW AND TRAFFIC NETWORK
MANAGEMENT SYSTEM IN JORDAN,” vol. 4, no. 2, pp. 1–21, 2016.
B. Pan, Z. Xie, S. Liu, Y. Shao, and J. Cai, “Evaluating Designs of a Three-Lane Exit Ramp
Based on the Entropy Method,” IEEE Access, vol. 9, pp. 53436–53451, 2021, doi:
1109/ACCESS.2021.3070465.
T. L. Saaty, “How to make a decision: The analytic hierarchy process,” Eur. J. Oper. Res., vol.
, no. 1, pp. 9–26, 1990, doi: 10.1016/0377-2217(90)90057-I.
H. Pratiwi, “Metode Analytical Hierarchy Process,” Res. Gate, no. May, pp. 1–33, 2020.
R. I. Handayani, “Pemanfaatan Aplikasi Expert Choice Sebagai Alat Bantu Dalam
Pengambilan Keputusan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 11, no. 1, pp. 53–59, 2015.
Y. Chen, J. Yu, and S. Khan, “The spatial framework for weight sensitivity analysis in AHPbased multi-criteria decision making,” Environ. Model. Softw., vol. 48, pp. 129–140, 2013,
doi: 10.1016/j.envsoft.2013.06.010.
V. Podvezko, H. Sivilevicius, and A. Podviezko, “Scientific applications of the AHP method
in transport problems,” Arch. Transp., vol. 29, no. 1, pp. 47–54, 2014, doi:
5604/08669546.1146966.
N. Yusuf and D. S. Sudrajat, “the Impact of Road Gradient and Truck Composition on the Toll
Road Traffic Performance,” Plan. Malaysia, vol. 16, no. 1, pp. 88–95, 2018, doi:
21837/PM.V16I5.413.
Pebriyetti, S. Widodo, and Akhmadali, “Penggunaan Software Vissim Untuk Analisa Simpang
Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi Karya
Pontianak, Kalimantan Barat),” J. Mhs. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura, vol. 5, no. 3, pp. 1–14,
D. Hormansyah, V. Sugiarto, and eka larasati amalia, “Penggunaan Vissim Model pada Jalur
Lalu Lintas Empat Ruas,” J. Teknol. Inf., vol. 7, pp. 57–67, 2020.
M. Z. Irawan and N. H. Putri, “Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas
Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta),” J. Penelit.
Transp. Multimoda, vol. 13, no. 3, pp. 97–106, 2015.
N. Wu and S. Giuliani, “Capacity and Delay Estimation at Signalized Intersections under
Unsaturated Flow Condition Based on Cycle Overflow Probability,” Transp. Res. Procedia,
vol. 15, pp. 63–74, 2016, doi: 10.1016/j.trpro.2016.06.006.
T. Bergh, K. Nordqvist, P. Strömgren, F. Davidsson, K. L. Bång, and A. Carlsson, “Capacity