Analisa Pengaruh Pola Operasi Terhadap Laju Keausan Carbon Strip Pada Pantograf

Authors

  • Tri Surawan Universitas Jayabaya
  • Nani Kurniawati Universitas Jayabaya
  • Aji Digdoyo Universitas Jayabaya
  • Hanif Sujatmika Universitas Jayabaya
  • Harini Agusta Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31479/jtek.v9i1.132

Abstract

Salah satu komponen dari sistem kereta adalah carbon strip pada pantograf, yang berfungsi untuk memaksimalkan pengambilan daya listrik dari kabel listrik aliran atas ke sarana/kereta. Berdasarkan rekapitulasi biaya total perawatan sarana, carbon strip membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Maka dibutuhkan langkah tepat untuk mengurangi laju keausan dari carbon strip agar biaya perawatan sarana bisa lebih ditekan. Faktor - faktor yang mempengaruhi keausan adalah kecepatan, tekanan, kekasaran permukaan dan kekerasan bahan. Semakin besar kecepatan relatif benda yang bergesekan, maka material semakin mudah aus. Demikian pula semakin besar tekanan pada permukaan benda yang berkontak, material akan cepat aus, begitu pula sebaliknya. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi keausan maka dilakukanlah pengujian dan berbagai simulasi dalam upaya mengurangi laju keausan carbon strip. Upaya dan penelitian yang telah dilakukan adalah dengan merubah pola operasi penggunaan pantograf serta juga pola operasi kecepatan sarana, sehingga dengan adanya simulasi ini dapat diketahui faktor-faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi laju keausan carbon strip. Hasilnya, semakin besar laju keausan dari carbon strip, maka kecepatan dan arus listrik yang dibutuhkan sarana juga semakin besar. Begitu juga sebaliknya. Kemudian, faktor utama dari keausan sebesar 70-76% total tebal keausan sarana, terjadi pada area underground. Sehingga berdasarkan analisa yang telah dilakukan, maka harus diterapkannya pengurangan kecepatan pada area underground agar laju keausan dari carbon strip dapat diminimalisir.

Downloads

Published

2021-11-30