Pengaruh Waktu Pembebanan Dan Kecepatan Terhadap Keausan Paduan Tembaga (Cu) Dan Karbon (C)

Authors

  • Tri Surawan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Industri, Universitas Jayabaya
  • Didik Mulyadi Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.31479/jtek.v6i2.27

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada dunia perkeretaapian adalah bagaimana cara menekan kerugian akibat keausan. Keausan yang paling sering terjadi adalah pada material yang tingkat kekerasannya rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhi keausan pada suatu material  adalah kecepatan, tekanan, kekasaran permukaan dan kekerasan material. Contact strip merupakan salah satu komponen yang sering mengalami keausan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan tujuan untuk mengetahui laju keausan contact strip. Dalam penelitian ini kecepatan putar dan waktu bervariasi yaitu pada 500, 900, 1250, dan 2100 rpm dalam 1, 2, 3, 4, dan 5 menit. Tingkat keausan contact strip C meningkat seiring dengan meningkatnya kecepatan dan waktu. Dimana tingkat keausan contact strip C lebih bila dibandingkan dengan tingkat keausan contact strip Cu. Setelah diuji maka didapatkan nilai kekerasan dari masing – masing spesimen  adalah trolley wire sebesar 42,0 HRB, contact strip Cu sebesar 40,8 HRB dan contact  strip C, dan  contact strip C sebesar 38,7 HRB. Nilai laju keausan spesifik terbesar terdapat pada contact strip C dengan nilai 0,01558 mm3/Nm dan nilai laju keausan terendah terdapat pada contact strip Cu yaitu sebesar 0,00398 mm3/Nm. Hasil pengujian keausan menunjukan bahwa laju keausan akan semakin meningkat seiring dengan perubahan variabel bebas pada proses pengujian. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eskaridho Gultom dan Yusuf Kaelani, Studi Eksperimen dan Analisa Laju Keausan Material Alternatif pada Sepatu Rem Lokomotif, JURNAL TEKNIK ITS Vol. 5, No. 2, ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print), Surabaya, 2016.

C.T. Kwok, P.K. Wong, H.C. Man dan F.T. Cheng, Sliding Wear and Corrosion Resistance of Copper-based Overhead Catenary for Traction System, IRJ (International Journal of Rail way, Vol. 3. No.1 pp. 19-27. Korean, March 2010.

Tao ding, Wenjing Xuan, Qiudong He, Hao Wu and Wei Xiong, Study on Friction and Wear Properties of Pantograph Strip/Copper Contact Wire for High-Speed Train, The Open Mechanical Engineering Journal, 8, 125-128. China 2014.

GX Chen, YL Wu and RX Chen, Effect of the Staggering of a Contact Wire on Wear Behaviour of the Contact Strip with Electric Current, Journal of Robotics and Mechanical Engineering Researc, Vol. 2, Issue: 1, China, 2017.

Setiyo Nugroho, Ir. Bambang Winardi, Sistem Propulsion dan Auxiliary Pada Kereta Rel Listrik (KRL) Di PT. INKA (Persero) Madiun, Makalah Seminar Kerja Praktek, Semarang, 2013.

Lionginas Liudvinavičius, Stasys Dailydka, The Aspects of Catenary Maintenance of Direct Current (DC) and Alternating Current (AC), Procedia Engineering 134, 268 – 275, Lithuania, 2016.

Nobuyuki Yokohama, Research and Development toward Wear Reduction of Current Collecting System, Interpretive article, JR EAST Technical Review-No.13.

R. Bagus Suryasa Majanasastra, Analisis Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Hasil Proses Hydroforming Pada Material Tembaga (Cu) C84800 Dan Aluminium Al 6063, Jurnal Imiah Teknik Mesin, Vol. 4, No.2, Universitas Islam 45 Bekasi, 2016

Adid A. Hermansyah, Hafid dan Kosasih, Penelitian Proses Pembuatan Konsentrat Dan Ingot Tembaga Dari Batuan Mineral Cu Sebagai Substitusi Impor, Metal Indonesia Vol. 33 No. 2 Hal, 83- 93, Kementrian Perindustrian Balai Besar Logam dan Mesin, Bandung, 2011.

David Natanael, Analisis Kualitatif pemangganan bijih Tembaga kalkopirit dengan beberapa variasiwaktu serta Leaching dengan asam sulfat 2 molar, Sekripsi Tugas Akhir, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Juli 2012.

Nyoman Wendri, Ni Nyoman Ratini, Ni Wayan Sariasih, dan Hery Suyanto, Analisis Reaksi Unsur Karbo Dengan Gas Nitrogen, Oksigen, dan Hidrogen Dengan Libs, Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Denpasar Bali, 2015.

Frischa Marcheliana Wachid, Darminto, Analisis Fasa Karbon pada Proses Pemanasan Tempurung Kelapa, Jurnal Teknik Pomits, Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No. 1, 1-4, Surabaya, 2012.

Meytij Jeanne Rampe, Konversi Arang Tempurung Kelapa Menjadi Elektroda Karbon, Chem. Prog. Vol. 8. No. 2, Manado, 2015.

Muhamad Choirul Azhar, Analisa Kekasaran Permukaan Benda Kerja Dengan Variasi Jenis Material dan Pahat Potong, Skripsi Tugas Akhir, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, 2014.

Andhi Harianto, Studi Karakterisasi Material Poros Bantalan Yang Direkondisi Dengan Proses Penambahan Baja Chrome 13% Dengan Metode Thermal Arc Spray. Skripsi Tugas Akhir, Jakarta, 2007.

Gio Saputra, Alfian Hamsi, Analisa Optimasi Pemesinan Pada Mesin Bor Breda Tipe R-35 Dengan Algoritma Genetika, Jurnal e-Dinamis, Volume.9, No.1, Sumatra Utara, Juni 2014.

Sri Widodo, Pengaruh Keausan Permukaan Baja 410 Akibat Implantasi Ion Cr, Prosiding SNST ke-5, Sumatra Utara, 2017.

Darmanto, Muhamad Thufik Ridwan, Dan Imam Syafa’at, Analisis Keausan Alumunium Menggunakan Tribotester Pin-On-Disc Dengan Variasi Kondisi Pelumas, Semarang, 2014.

ASTM G 99 – 04, Standard Test Method for Wear Testing with a Pin-on-Disk Apparatus, Copyright © ASTM International, 100 Barr Harbor Drive, PO Box C700, West Conshohocken, PA 19428-2959, United States.

Downloads

Published

2019-07-15