Perancangan Tabung Motor Roket RX 250 Akibat Laju Perpindahan Panas dan Tekanan

Authors

  • fauzhia rahmasari FTI Universitas Jayabaya
  • Agus Budi Djatmiko Universitas Jayabaya
  • Aji Digdoyo Universitas Jayabaya
  • Erma Yuniaty Universitas Jayabaya
  • Nani Kurniawati Universitas Jayabaya
  • I Nyoman Artana Universitas Jayabaya
  • Bagas Setiohadi Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31479/jtek.v11i1.270

Abstract

AbstrakTabung motor roket salah satu komponen roket yang sangan penting. Oleh karena fungsinya, tabung motor roket harus benar-benar mempunyai faktor keamanan yang cukup baik. Kenaikan tekanan dan temperatur dalam tabung dapat menimbulkan pembebanan atau gaya pada tabung motor roket ke arah radial dan aksial dan juga menimbulkan gaya akibat tegangan panas. Temperatur gas yang dihasilkan akibat pembakaran cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan tegangan pada material tabung motor roket, untuk itu perlu dianalisa lebih lanjut agar mendapatkan kinerja roket yang lebih baik. Dalam penelitian ini dibahas mengenai perancangan pada tabung motor roket RX 250 LAPAN akibat beban tekanan dan termal akibat gas pembakaran. Pada perancangan ini digunakan bahan dari AISI 1045 dengan .Hasil perancangan terhadap tabung motor roket RX 250 LAPAN didapat besarnya tegangan akibat tekanan 40 bar, didapat sebesar , tegangan akibat panas adalah , dan tegangan total yang terjadi adalah , dengan faktor keamanan sebesar SF = 2.4. Hal ini aman bagi tabung motor roket RX 250.Kata Kunci: Tegangan tabung, tekanan ruang bakar, temperatur

References

J. W. Cornelisse, H. F. R. Schoyer, and K. F. Wakker, Rocket Propulsion and Spaceflight Dynamics, London: Pitman Publishing Limited, 1979.

S. W. Swindeman, Thermal Stresses in Hollow Cylinders of Beryllium Oxide, Texas: Union Carbide Coorporation, 1962.

R. S. Khurmy, and J. K. Gupta, Textbook Machine Design, New Delhi: S. Chand Publishing, 2005.

S. Laohalertdecha, “A Review on The Heat-Transfer Performance and Pressure-Drop Characteristics of Various Enhanced Tubes,” International Journal of Air Conditioning and Refrigeration, vol. 20, no. 4, 2012.

E. Kayabasi, “The effects of component dimensions on heat transfer and pressure loss in shell and tube heat exchangers,” International Journal of Green Energy,vol. 16, 2019.

G. Stefan, “Shell and Tube Heat Exchanger-The Heat Transfer Area Design.” Journal of Mechanical Engineering-Strojnícky Časopis, vol. 67, 2017.

D. G. Prabhanjan, “Comparison of heat transfer rates between a straight tube heat exchanger and a helically coiled heat exchanger.” International Communications in Heat and Mass Transfer, vol. 29, no. 2, pp. 185-191, 2002.

A. H. Dhumal, “Heat Transfer Enhancement for Tube in Tube Heat Exchanger Using Twisted Tape Inserts.” International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS), vol. 4, no. 5, pp. 2349-6495, 2017.

D. Ameta, “Shell and Tube Heat Exchanger,” International of Journal Sciences Techologies, vol. 5, no. 2, 2017.

B. Jiang, “Experimental study on effect of tube arrangement mode on heat transfer characteristics of a new type of elastic tube bundle,” 3rd International Conference on Fluid Mechanics and Industrial Applications IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, pp. 1300, 2019.

Downloads

Published

2023-11-30